Pelajaran IPA Fisika Listrik Statis

0

 Bimbel Diah Jakarta Timur

Listrik statis adalah benda atau partikel bermuatan listrik tetapi tidak ada aliran listrik. Karena dari Statis artinya diam, tidak bergerak atau tidak mengalir. Berikut ini kami berikan latihan soal untuk materi Listrik statis untuk kelas 9.


Listrik statis adalah ketidakseimbangan muatan listrik di dalam atau di permukaan suatu bahan. Muatan tetap sampai ia dapat bergerak melalui arus listrik atau pelepasan listrik. Listrik statis dinamai berbeda dengan listrik arus, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lain dan mentransmisikan energi.

Muatan listrik statis dapat dibuat setiap kali dua permukaan bersentuhan dan telah aus dan terpisah, dan setidaknya salah satu permukaan memiliki resistensi yang tinggi terhadap arus listrik (dan karena itu merupakan isolator listrik). Efek listrik statis sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang karena orang dapat merasakan, mendengar, dan bahkan melihat percikan api saat muatan berlebih dinetralkan ketika didekatkan dengan penghantar listrik besar (misalnya, jalur ke tanah), atau daerah dengan muatan berlebih dari polaritas yang berlawanan (positif atau negatif). Fenomena umum kejutan statis – lebih khusus lagi, pelepasan muatan listrik statis – disebabkan oleh netralisasi muatan.

Bahan terbuat dari atom yang biasanya netral secara listrik karena mengandung jumlah yang sama dari muatan positif (proton dalam intinya) dan muatan negatif (elektron dalam "kulit" yang mengelilingi nukleus). Fenomena listrik statis membutuhkan pemisahan muatan positif dan negatif. Ketika dua bahan bersentuhan, elektron dapat berpindah dari satu bahan ke bahan lainnya, yang meninggalkan kelebihan muatan positif pada satu bahan, dan muatan negatif yang sama pada bahan lainnya. Ketika bahan dipisahkan mereka mempertahankan ketidakseimbangan muatan ini.

Listrik statis dapat menjadi gangguan atau bahkan bahaya. Energi yang membuat rambut Anda berdiri juga dapat merusak elektronik dan menyebabkan ledakan. Namun, dikendalikan dan dimanipulasi dengan benar, itu juga bisa menjadi anugerah luar biasa bagi kehidupan modern.

Walaupun listrik statis dapat menjadi gangguan atau bahkan bahaya, seperti dalam kasus kemelekatan statis atau sengatan listrik statis, dalam kasus lain hal itu bisa sangat berguna. Misalnya, muatan statis dapat diinduksi oleh arus listrik. Salah satu contohnya adalah kapasitor, dinamakan demikian karena memiliki kapasitas untuk menyimpan muatan listrik, analog dengan bagaimana pegas menyimpan energi mekanik. Tegangan yang diterapkan pada kapasitor menciptakan perbedaan muatan antara pelat. Jika kapasitor diisi dan tegangan dimatikan, kapasitor dapat mempertahankan muatan untuk beberapa waktu. Ini bisa berguna, seperti dalam kasus superkapasitor, yang dapat menggantikan baterai isi ulang di beberapa aplikasi, tetapi juga bisa berbahaya. Peralatan elektronik seperti monitor komputer CRT lama dan pesawat televisi mengandung kapasitor besar yang dapat menahan muatan hingga 25.000 volt, yang dapat menyebabkan cedera atau kematian bahkan setelah perangkat dimatikan selama beberapa hari.

Cara lain untuk membuat muatan statis yang berguna adalah dengan regangan mekanis. Dalam bahan piezoelektrik, elektron benar-benar dapat diperas keluar dari tempatnya dan dipaksa untuk pindah dari daerah yang berada di bawah tekanan. Tegangan karena ketidakseimbangan muatan yang dihasilkan kemudian dapat dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan. Salah satu aplikasinya adalah pemanenan energi, di mana perangkat berdaya rendah dapat beroperasi dengan energi yang dihasilkan oleh getaran lingkungan.

Untuk selanjutnya mari kita sama-sama mempelajari Soal-soal, kunci jawaban dan pembahasannya :

Soal latihan Listrik Statis Kelas 9


Tag:

contoh listrik statis adalah
rumus listrik statis
listrik statis dan dinamis
contoh soal listrik statis
percobaan listrik statis
contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari
materi listrik statis
perbedaan listrik statis dan dinamis
contoh soal listrik statis
listrik statis bersifat
rumus listrik statis
listrik statis dapat terjadi karena
gaya listrik adalah
listrik statis kelas 12

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
>